Mau Memulai Bisnis Sewa Apartemen? Ikuti Tips Berikut Ini

Melansir dari Worldmeters, ketika ini jumlah penduduk di Indonesia tengah menduduki peringkat keempat dari total populasi dunia, yakni sebanyak 269 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 56%-nya atau 150 juta jiwa merupakan masyarakat urban yang tinggal di kota-kota besar.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, tidak mengherankan jikalau properti sanggup menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Tingginya seruan akan kawasan tinggal membuat banyak pengembang berlomba-lomba untuk membuat hunian terbaik yang sanggup memenuhi kebutuhan hidup warga urban.

Apartemen yakni hunian primadona di perkotaan yang ketika ini banyak peminatnya. Banyak orang tertarik untuk menyewa apartemen di Jakarta dan kota-kota besar lainnya sebab kemudahan dan akomodasi yang ditawarkan. Dengan segudang daya tariknya, apartemen sanggup menjadi bisnis properti yang sangat menjanjikan.


Mengapa Bisnis Sewa Apartemen?

Jika Anda yakni orang yang menginginkan pemasukan bulanan stabil, cepat dan minim resiko, maka bisnis sewa apartemen yakni jawabannya. Bisnis sewa apartemen juga cocok bagi Anda yang telah atau segera pensiun, sebab tidak perlu banyak perjuangan untuk menyewakan apartemen Anda, terlebih jikalau Anda memakai jasa pihak ketiga. Faktanya, banyak orang yang bergantung pada pemasukan sewa bulanan apartemen untuk membayar tagihan ketika mereka pensiun.

Resiko gulung tikar bagi pemilik apartemen kemungkinannya nyaris tidak ada. Anda mungkin pernah mendengar keluhan-keluhan pemilik apartemen dalam menyewakan apartemen mereka, namun jarang dari mereka yang kesudahannya memutuskan untuk menjual apartemennya.

Banyak jalan keluar bagi pemilik, jikalau apartemen mereka tidak laku-laku tersewa. Bisa dengan memakai jasa biro properti atau mengiklankan unit secara gratis di website properti, contohnya Jendela360. Tidak hanya diiklankan, beberapa perusahaan properti ibarat Jendela360 bahkan mau repot-repot mengurus kontrak sewa-menyewa antara pemilik dan penyewa yang biasanya ribet diurus. Mereka juga rela mendekorasi unit secara gratis biar cepat tersewa.

Resiko yang lebih banyak dihadapi oleh pemilik apartemen kemungkinan tiba dari pihak yang ingin menyewa apartemen di Jakarta atau kota lainnya. Pertama, ada kemungkinan menunggak dalam pembayaran sewa. Kedua, penyewa yang tidak bertanggung jawab sanggup membuat kerugian, jikalau mereka hingga merusak akomodasi unit. Oleh sebab itu, penting untuk menyeleksi penyewa sebelum menandatangani kontrak.


Tips Ketika Memulai Bisnis Sewa Apartemen

Meskipun minim resiko, bisnis sewa apartemen tetap tidak sanggup dianggap remeh. Sama ibarat bisnis lainnya, pemasukan dari bisnis sewa apartemen akan semakin kecil jikalau resiko yang Anda pilih juga minim. Jika Anda ingin menerima pemasukan maksimal dari bisnis ini, tips-tips berikut akan sangat membantu Anda.

1. Mencari Lokasi Apartemen yang Strategis

Sebelum memutuskan untuk membeli unit apartemen untuk disewakan, penting untuk menentukan lokasi yang strategis terlebih dahulu. Banyak orang yang memutuskan untuk menyewa apartemen di Jakarta sebab lokasinya yang bersahabat dengan kawasan kerja, universitas, atau sentra perbelanjaan.

Lokasi sanggup menjadi nilai jual utama dari suatu apartemen. Bahkan, apartemen yang fasilitasnya biasa saja sekalipun, harga sewanya sanggup melambung tinggi jikalau terletak di pusat-pusat bisnis.

Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan lokasi apartemen Anda yaitu:

  1. Lingkungan yang aman. Pastikan apartemen Anda tidak berada di wilayah yang sering konflik atau tingkat kriminalitasnya tinggi.
  2. Tingkat Kebisingan yang Rendah. Apartemen yang lokasinya bersahabat dengan bandara atau jalan besar memang sanggup menjadi nilai tambah. Akan tetapi, pastikan suara-suara bising dari kawasan tersebut tidak terdengar hingga unit apartemen Anda, sebab tentu sanggup menjadikan ketidakpuasan penghuni.
  3. Akses Praktis ke Perkantoran. Apartemen yang lokasinya bersahabat kantor seringkali laris lebih cepat ketimbang apartemen yang berada jauh dari perkantoran. Apartemen Puri Orchard yakni contohnya. Karyawan perusahaan Orang Tua tidak jarang melirik kawasan ini jikalau ingin menyewa apartemen di Jakarta, sebab lokasinya di belakang kantor.
  4. Kedekatan dengan Pusat Perbelanjaan. Pusat perbelanjaan sanggup memudahkan penghuni apartemen dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Oleh sebab itu lebih disukai.
BACA JUGA:
Tips Sederhana yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menyewa Apartemen di Jakarta

2. Menentukan Target Pasar

Agar bisnis sewa apartemen lebih terarah, Anda perlu menentukan siapa sasaran pasar Anda secara spesifik. Misalnya saja secara umum, Anda menarget penyewa lokal atau ekspatriat? Jika Anda menarget penyewa ekspatriat, pertimbangan lokasi apartemen bersahabat kawasan wisata dan kantor kedutaan besar mungkin perlu ditambahkan.

Anda yang menargetkan penyewa lokal sanggup memerincinya lagi hingga menjadi jelas. Contohnya untuk penyewa lajang atau sudah menikah? Penyewa lajang biasanya tidak membutuhkan banyak ruang, jadi unit studio ataupun 1BR cocok untuk mereka. Sedangkan penyewa yang sudah menikah, apalagi telah mempunyai anak, lebih cocok untuk tinggal di unit 2BR atau 3BR, lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang ramah anak di apartemen.

3. Merenovasi Apartemen

Apakah renovasi apartemen itu penting dalam bisnis sewa properti? Tentu! Apartemen yang sudah direnovasi akan terlihat lebih menarik dibanding apartemen yang disewakan apa adanya. Jika Anda membeli unit yang unfurnsihed, akan lebih baik jikalau Anda melengkapinya dulu dengan furniture, sebelum disewakan.

Ini akan menarik perhatian penyewa yang menginginkan kepraktisan dan tidak mau direpotkan dengan pemindahan furniture-furniture usang mereka. Selain itu, unit ini juga akan dilirik oleh orang yang butuh kawasan tinggal sementara ketika bekerja.

Tidak hanya soal kelengkapan unit, desain unit apartemen Anda juga penting untuk diperhatikan. Mendekorasi unit dengan hiasan dinding yang cantik, karpet baru, spring bed berkualitas hingga tanaman hias yang anggun tentu akan membuat unit Anda mempunyai nilai lebih di mata penyewa.

4. Iklankan Apartemen Anda Secara Online

Mengutip dari Asosiasi Jasa Penyedia Internet Indonesia (APJII), ada sebanyak 171 juta orang Indonesia yang ketika ini terhubung dengan internet. Artinya 64% populasi telah terhubung secara online. Sebagian orang tersebut tentu sedang mencari apartemen idaman mereka dan ini sanggup menjadi peluang Anda.

Anda sanggup mengiklankan unit apartemen Anda secara online di mesin-mesin pencari ibarat Google atau media-media sosial, contohnya Facebook dan Instagram. Mengiklankan apartemen di platform-platform tersebut tentu prosesnya panjang dan tidak mudah. Anda sanggup mempercayakan kiprah ini kepada situs-situs sewa apartemen ibarat Jendela360. Selain di situsnya sendiri, Jendela360 juga akan mengiklankan unit Anda di 8 marketplace premium.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda memulai bisnis sewa apartemen. Bisnis sewa apartemen memang menggiurkan, sebab sanggup menjanjikan passive income kepada para pelakunya. Apalagi kawasan tinggal merupakan kebutuhan primer insan yang niscaya diperlukan. Sebelum melangkah lebih jauh, rencanakanlah bisnis sewa apartemen Anda dengan lebih matang. Keempat tips di atas akan sangat membantu.

Subscribe to receive free email updates: